Outlined Text Generator at TextSpace.net
Elephant Traffic
1,000 Backlinks - $9.99

10 Rahasia Bekerja di Bidang IT

Written By pepz32 on Sabtu, 10 September 2011 | 02.40


10 Rahasia Bekerja di Bidang IT | Hajsmy Blog




Jika
anda sedang mempersiapkan diri berkarir di bidang IT atau masih baru
bekerja dalam dunia IT. Ada 10 rahasia yang tidak menguntungkan yang
harus anda ketahui, rahasia ini sebagian besar ditujukan untuk
administrator jaringan, manajer IT, dan profesional destkop support.





1. Profesional IT sering kali mnggunakan jargon untuk menutupi kesalahanya



Banyak profesional IT menutupi kesalahan yang mereka lakukan dengan
memberi penjelasan yang membingungkan kepada manajer non teknis, karena
biasanya mereka tidak memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi.
Sebagai contoh untuk memberitahu seorang manajer bisnis non teknis
mengapa aplikasi keuangan tidak dapat dijalankan selama 3 jam, maka
profesional IT mungkin akan mengatakan �Terjadi blue screen pada layar
SQL yang menjalankan applikasi keuangan� padahal penyebab sebenarnya
adalah update driver yang ia terapkan pada server tidak diuji terlebih
dahulu.





2. Beberapa profesional IT mengembangkan teknologi berdasarkan kemampuan dalam menjalankanya



Banyak profesional IT yang memilih dan mengimplementasikan teknologi
didasarkan pada kemampuan dan seberapa bebas mereka dapat menggunakan
atau menjalankanya, bukan berdasar pada mana yang benar benar baik dan
bermanfaat untuk bisnis itu sendiri.



Sebagai contoh sebuah perusahaan lebih memilih untuk menggunakan sistem
operasi Windows karena latar belakang karyawan ITnya memiliki kemampuan
lebih menggunakan Windows, padahal menggunakan sistem operasi Linux
adalah solusi yang lebih baik.





3. Para staff atau karyawan IT adalah hambatan terbesar dalam menerapkan teknologi yang baru



Salah satu kendala terbesar untuk migrasi ke teknologi yang baru adalah,
tidak ada persetujuan dari manajemen keuangan karena banyaknya biaya
yang harus dikeluarkan. Ketika mereka sudah memiliki sesuatu dan
terbiasa menggunakan yang sudah ada, mereka enggan untuk mengubahnya,
ini bisa jadi hal yang baik karena pekerjaan mereka tergantung dari
kestabilan infrastruktur yang ada. Namun mereka juga menggunakanya
sebagai alasan untuk tidak menghabiskan waktu belajar sesuatu yang baru.





4. Anda akan banyak menghabiskan waktu dengan teknologi lama dibandingkan dengan mengimplementasikan sesuatu yang baru



Hal yang menarik bekerja dalam bidang IT adalah bahwa kita akan banyak
bermain dengan teknologi terbaru yang ada pada saat ini, namun tidak
terjadi di sebagian besar pekerjaan IT. Yang benar adalah bahwa para
profesional IT biasanya menghabiskan waktu untuk menjaga dan merawat
teknologi yang sudah ada sebelumnya.





5.
Vendor dan konsultan IT akan mengakui kehebatanya ketika proyek
berjalan dengan baik, sebaliknya anda akan disalahkan jika proyek yang
dijalankan gagal




Bekerja dengan konsultan ITadalah bagian penting dari pekerjaan dan
dapat menjadi salah satu hal yang lebih menantang. Konsultan akan
membantu memberi solusi untuk anda dalam mengerjakan suatu proyek, dan
ketika semuanya berjalan dengan baik maka ini akan menjadi sebuah
kerjasama yang baik.



Tetapi anda harus berhati hati, ketika ada sesuatu yang salah beberapa
konsultan akan menganggap bahwa andalah penyebabnya, dan mengklaim bahwa
solusi yang mereka berikan sudah benar dan bekerja baik pada perusahaan
lain. Sebaliknya jika proyek berjalan dengan lancar, mereka akan
mengakui kehebatan dalam solusi yang merke berikan dan mengabaikan
pekerjaan besar yang telah anda lakukan untuk menyesuaikan dan
mengimplementasikan solusi untuk perusahaan anda.





6. Anda akan sering diminta oleh rekan kerja untuk memperbaiki masalah PC mereka dirumah yang bukan bagian dari pekerjaan anda



Karena anda dianggap sebagai orang yang ahli dalam bidang teknologi atau
karena anda adalah seorang teknisi jaringan, rekan kerja anda akan
sering meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah pada PC mereka
dirumah seperti, bagaimana menghilangkan virus atau mengaktifkan router
nirkabel yang berhenti bekerja karena mati lampu.



Beberapa dari mereka bahkan akan membawa PC rumahnya ke kantor anda
untuk diperaiki. Jika itu adalah rejeki, maka anda akan dibayar
sesudahnya, tetapi tidak sedikit dari mereka yang hanya mengharapkan
bantuan anda secara gratis. Membantu orang lain dapat sangat bermanfaat,
namun anda harus tahu kapan harus membantu dan kapan harus menolaknya.





7. Sertifikat tidak akan selalu menjamin seseorang untuk menjadi karyawan yang baik



Manajer sumber daya manusia pada sebuah perusahaan akan lebih tertarik
untuk merekrut seseorang yang bersertifikasi, karena dengan hal itu
memudahkan departemen HR (Human Resource) untuk menyeleksi calon pekerja
dengan lowongan yang ada.



Sertifikasi akan membuka karir anda lebih luas, menunjukkan bahwa anda
orang yang terorganisir, ambisius dan memiliki keinginan yang besar
dalam memperluas keahlian anda. Jika anda memiliki sertifikasi yang
sesuai dengan keahlian anda, maka hal itu akan menjadi nilai tambah dan
nilai jual bagi anda. Namun pada kenyataanya banyak pimpinan perusahaan
yang mengeluh dengan teknisi yang dipekerjakan berdasarkan sertifikasi.



Mereka umumnya hanya memiliki skill dan kemampuan yang baik dalam
bidangnya tetapi tidak tahu bagaimana mengatur atau menangani masalah
dengan cepat karena tidak memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Maka
sertifikat sebenarnya bukan satu satunya indikator untuk mengukur
seberapa baik seseorang dapat bekerja.





8. Anda bisa menjadi orang yang paling dibenci atau paling disegani oleh bawahan anda jika anda seorang manajer IT



Jika anda dapat menangani suatu masalah yang dapat memperpanjang jam
kerja bawahan anda, maka anda bisa menjadi atasan yang disegani bagi
mereka. Namun sebaliknya jika anda tidak dapat menangani sesuatu yang
dapat menghambat pekerjaan atau memperpanjang jam kerja bawahan anda,
seperti tiba tiba saja koneksi jaringan sedang down, maka mereka akan
menganggap bahwa andalah penyebabnya.





9. Anda akan disalahkan jika terjadi kesalahan konyol pada pengguna komputer



Beberapa pengguna komputer akan spontan melimpahkan kemarahanya ketika
frustasi. Mereka bisa saja meluapkanya kepada anda karena anda adalah
seorang staff IT dengan menyalahkan anda seperti �apa yang salah sama
komputer ini?�, �komputer ini rusak, kenapa masih dipasang!� atau �kamu
apain komputernya?kenapa bisa jadi begini�.



Padahal kesalahannya adalah karena kecerobohan atau kelalaian dari
mereka sendiri, seperti ternyata mereka tidak sengaja mencabut kabel
mouse dengan kaki mereka, atau bahkan menumpahkan kopi mereka di
keyboard komputer.





10.
Bayaran di bidang IT lebih besar dibandingkan dengan profesi lain,
namun karena itulah perusahaan anda dapat mempekerjakan anda kapan saja
diluar jam kerja




Kebutuhan akan profesional IT akan terus meningkat bagi perusahaan,
seriring berkembangnya teknologi dalam bisnis dan kehidupan masyarakat.
Karena bayaran bagi profesional IT cukup besar, perusahaan sering kali
menambah jam kerja anda sewenang-wenang, karena anda dianggap sebagai
bagian inti dari perusahaan.



Anda bisa saja bekerja lebih dari 6 jam pada akhir pekan untuk
menyebarkan (deployment) update sebuah software, atau bahkan menerima
telepon pada malam hari untuk mengatasi jaringan yang bermasalah. Tidak
ada kompensasi waktu selama anda masih dibayar dengan baik. (sumber)
      

0 komentar:

Posting Komentar

free counters